Pages

Tuesday, September 15, 2015

Sejarah As Roma

Di awal tahun 20an masyarakat Roma mengikuti kejuaraan utama (dengan masih membagi dalam grup grup regional) mereka adalah Lazio, Romana, Fortitudo, Alba, Juventus Roma, Roman, Audace dan Pro Roma. Tahun 1922 Fortitude mampu mencapai final kejuaraan Nasional dimana dimainkan 2 kali pertemuan, dimana mereka takluk oleh Pro Vercelli (3-0 & 5-2). Di tahun 1925 giliran Alba mencapai final dan harus kalah oleh Genoa (4-0 & 2-0). Setahun berikutnya kembali Alba berhasil maju ke final dan kembali dengan kekalahan 7-1 & 5-0 oleh Juventus of Torino.

Associazione Sportiva Roma SpA lebih dikenal dengan As Roma berdiri sejak  88 tahun silam. Klub berjuluk I Gialorossi (Kuning merah) dibentuk  oleh Italo Foschi tepatnya pada tanggal 22 Juli 1927.  Atas inisiatif Benitto Mussolini. As Roma adalah gabungan antara tiga klub sepakbola di kota Roma, Italia. Alasan merger untuk membentuk klub sepak bola yang kuat guna menjadi rival dari klub-klub sepak bola Italia bagian utara. Saat itu kekuatan sepak bola didominasi oleh  klub asal kota Turin dan Milan. Oleh karena itu, Roman FC, SS Alba-Audace dan Fortitudo-Pro Roma SGS disatukan. Juventus Roma mengalami kebangkrutan. Satu klub asal kota Roma  yang tidak bergabung adalah Lazio. Intervensi dari Jenderal Giorgio Vaccaro, anggota klub dan eksekutif dari Federasi Sepak Bola Italia yang menggagalkannya. Sampai saat ini persaingan antara dua klub sebagai penguasa kota Roma semakin panas. Pertemuan dua klub antara As Roma dan Lazio lebih dikenal dengan Derby Della Capitale . Laga derby kota Roma pertama kali digelar pada tanggal 8 Desember 1929. Saat itu AS Roma menang dengan skor 1-0 hasil torehan gol dari striker Rodolfo Volk


Secara lebih rinci terbentuknya AS Roma dari tahun ke tahn adalah sebagai berikut:

1900
Audax Roma berdiri.
1901
FBC Roma dan CS Audace Roma berdiri.
1905
FC “Alglon” Robur in Fide  dan SS Juventus Roma berdiri
1907
SS Alba berdiri
1908
FC “Alglon” Robur in Fide  bertransformasi menjadi SGS Fortitudo dibersamai dengan  berdirinya CS Ardor
1911
CS Ardor berubah menjadi SS Pro Roma dan FC Esperia uga berdiri
1912
CS Audace Roma dan FC Esperia bergabung menjadi FC Esperia Audace
1916
US Romana berdiri
1919
Audax Roma dan SS Juventus Roma dimerger menjadi CR Juventus Audax
1924
SS Pro Roma dan US Romana bergabung menjadi US Pro-Roma
1926
SGS Fortitudo dan CR Juventus Audax bergabung menjadi SS Fortitudo Pro Roma
SS Alba dan FC Esperia Audace bersatu menjadi SS Alba-Audace
1927
SS Fortitudo Pro Roma , SS Alba-Audace, dan Roman FBC menyatu menjadi AS Roma.



I Lupi ( Serigala) julukan lain dari As Roma memainkan musim pertama di stadion Motovelodromo Appio. November 1929 menetap di Campo Testaccio. Ban Kapten pertama  disematkan dilengan Attilio Ferraris . Bersama dengan Guidio Masseti, Fulvio Bernardini dan striker maut Rodolfo Volk mampu membawa As Roma di posisi runner up diawal keikutsertaan dalam kompetisi pada musim 1930-1931 dibawah Juventus.

0 komentar: