Pages

Monday, September 14, 2015

Tujuan Aktivitas Ekonomi Yang Sempurna menurut Islam



Rasulullah Saw telah menasihati para pengikutnya untuk melakukan perniagaan, bertani, berternak dan melakukan aktivitas produktif lainnya. Aktivitas ekonomi yang didasarkan pada nilai etika dan moral serta tujuan yang sempurna. Sehingga kita akan mendapat kemuliaan dari aktivitas ekonomi yang kita lakukan.

Agama Islam berulang kali menasihati para pengikutnya untuk senantiasa berusaha untuk mendapat kebutuhan hidup. Berusaha keras untuk produktif menghasilkan barang kebutuhan dan melakukan perniagaan yang bermanfaat.  Ini menjadi keharusan daam hukum Islam.

Tujuan ekonomi secara umum muncul dari aktivitas kehidupan setiap saat. Aktivitas berubah tujuan bisa ikut berubah. Penyimpangan tujuan dari dasar-dasar bisa mengakibatkan terjadi pelanggaran-pelanggaran terhadap pelaksanaan aktivitas yang dimaksud.

Muhammad Nejatullah Siddiqi menganalisis tujuan aktivitas ekonomi yang  wajar dan yang diinginkan masyarakat dalam setiap aktivitas ekonomi. Tujuan aktivitas ekonomi yang sempurna dalam Islam dapat diringkas sebagai berikut:
  1.    Memenuhi kebutuhan hidup seseorang secara sederhana.
  2.  Menenuhi kebutuhan keluarga
  3.  Memenuhi kebutuhan jangka panjang
  4.  Menyediakan kebutuhan keluarga yang ditinggalkan
  5.  Memberi bantuan sosial dan sumbangan menurut jalan yang benar

0 komentar: