Pages

Sunday, September 20, 2015

Pesona Cahaya Gunung Prau Dieng 2.565 mdpl


"Golden Sunrise"


 Banyak  pendaki  terobsesi dengan gunung-gunung tinggi diatas tiga ribuan mdpl. Menjadikan gunung-gunung di bawahnya jarang dilirik. Untuk kalian yang hobi mendaki ataupun para pelancong yang suka dengan keindahan alam, tak salah untuk datang ke tempat ini. Gunung Prau (Prahu) memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Gunung Prau berbentuk memanjang dan banyak bukit. Gunung Prau berada di kawasan dataran tinggi Dieng berada diwilayah administratif Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, Kab. Batang, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

 Hutan
Gunung Prau juga dikenal dengan sebutan Gunung Seribu bukit. Jalur pendakian bisa ditempuh dengan tiga jalur alternatif. Jalur utara bisa memulai dari kabupaten Kendal lewat desa Kenjuran, kecamatan Sukoreja. Jalur selatan melalui Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Jalur selatan relatif lebih singkat dibanding jalur utara. 2-3 jam perjalan dengan medan yang relatif terjal sudah sampai ke puncak. Jalur ketiga melalui jalur Paten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Dari ketiga jalur, via Patak Banteng adalah jalur yang paling terkenal. Saat naik juga tidak begitu melelahkan karena ketika mendaki sudah berada di sekitar 1700 mdpl.
  bunga Deasy

Perjalanan menuju puncak Gunung Prau akan dihadiahi dengan pemandangan yang indah. Kita bisa melihat dataran Tinggi Dieng dan Telaga warna dari atas. Menjumpai perkebunan, hutan, padang bunga Daisy adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dipuncak gunung sedang menunggu hamparan rumput Bukit Teletubies.
bukit Teletubies


Secara umum berangkatnya pendaki menuju puncak terbagi dalam dua waktu. Malam kemudian mendirikan tenda di puncak dan di pagi hari menikmati Golden Sunrise. Menurut kabar ini adalah cahaya matari terbit terbaik di Asia Tenggara. Diwaktu malam kebanyakan para pendaki berangkat tengah malam. Kemudian sampai dipuncak menjelang waktu subuh. Menikmati pagi. Dilanjutkan turun sekitar pukul delapan. Diwaktu kedua para pendaki biasa berangkat siang sekitar pukul 14.00 WIB. Sampai puncak sekitar pukul 1700 WIB. Aktivitas dilanjut mendirikan tenda. Menikmati cahaya sunset disambung cahaya malam di puncak.  Dipuncaknya kalian juga bisa menikmati view gunung-gunung lain antara lain: Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Meapi, Gunung Merbabu. 

Puncak Gunung Prau



Puncak Gunung Prau

Senja dan Aktivitas Malam
Senja

malam
Milky Way

Aktivitas Pagi





Samudra Awan





Siluet Pagi







inspirasi:
IG berhastag #GunungPrau
Thanks for All

0 komentar: