Pages

Saturday, November 27, 2010

Membentuk Karakter Pemimpin


Kepemimpinan  atau leadership biasa diartikan dengan proses menggerakan sekumpulan orang kepada suatu tujuan yang telah ditetapkan. Dalam setiap kelompok manusia, kita dapat menemukan orang dengan karakter itu. Akan tetapi itu bukanlah bakat yang dibawanya sejak lahir, yang tidak bisa dipelajari sama sekali. Kepemimpinan dapat diasah dan ditanamkan dalam diri sendiri sehingga menjadi karakter yang kuat.
Berikut ini adalah beberapa factor positif yang menjadi kualitas seorang leader.
1.       Kesanggupan mental
Seorang pemimpin tidak mesti seorang yang mempunyai  kecerdasan luar biasa. Umumnya pemimpin yang berhasil adalah tipe orang yang siap memikul tanggung jawab dan konsenkuensi. Karakter ini menunjukkan kedewasaan dan kematangan seseorang. Ini dapat dilihat dari tingkahlakunya yang tidak bersifat kekanak-kanakan.
2.       Minat dan kemampuan luas
Ia bukan specialis yang berpandangan sempit. Ia memiliki kepemahaman yang luas, mempunyai kecerdasan yang beragam. Ia peka terhadap perubahan dan memiliki minat yang dalam terhadap hal-hal yang baru. Banyak sekali orang yang menikmati keadaan yang ada. Hal ii berbahaya bagi seorang leader.  Sebab, ketidaksiapan menghadapi perubahan yang sangat dinamis sering menyebabkan kegagalan.
3.       Mahir berkomunikasi
Tapi, tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan baik. Pesan yang baik dapat ditolak atau ditentang jika dikomunikasikan secara tidak tepat. Untuk itu dikenal dengan istilah persuasif. Yaitu komunikasi  ysng bersifat mempengaruhi orang lain, sehingga bertindak seperti apa yang diharapkan oleh komunikator. Agar bisa sukses seorang leader harus terampil dalm berkomunikasi.
4.       Integritas
Integritas adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dikatakan. Integritas membuat pemimpin bisa dipercaya. Al Qur’anmengecam keras orang yang berbeda antara lisan dengan perbuatannya. Contohlah Rasulullah yang menjadi teladan karena konsisten antara ucapan dan perbuatan.
5.       Optimisme
Karakter pemimpin yang baik ialah pantang menyerah dan teguh pendirian. Dia mempunyai keinginan yang kuat untuk mencapai sesuatu. Seorang pemimpin selalu menemukan motivasi, meskipun disaat-saat kritis. Hal ini sangat dominan pengaruhnya bagi kemajuan kelompok. Optimisme ibarat virus, mudah menyebar dan gampang ditularkan. Oleh kerena itu jadilah pemimpin yang selalu optimis 100%



6.       Keterampilan sosial
Kepemimpin pada dasarna adalah meraih sesuatu melalui orang lain, hal ini menunjukkan secara jelas bahwa seorang pemimpin yang berhasil harus memilki ketrampialan social yang tinggi. Dia mesti peka terhadap sikap dan perasaan manusia.
7.       Kemampuan administratif
Kemampuan administrative yang dibutuhkan adalah perencanaan, kontrol, evaluasi, memecahkan masalah, mendelegasikan tugas-tugas lainnya. Semua itu adalah keterampilan yang harus dijadikan dasar, terutama oleh pemimpin melebihi keterampilan-keterampilan teknisnya.





Insprasi:
Ar-risalah
Juli 2009/17     

0 komentar: