Pages

Monday, November 22, 2010

10 PRINSIP STARBUCK , BUKAN SEKEDAR KOPI BIASA



Menjadi sebuah perusahaan yang besar membutuhkan proses yang sangat teratur dan terencana. Starbuck telah melakukan hal ini, berawal dari usaha yang kecil kemudian menjadi besai dan mendunia.  Selama bertahun-tahun menjadi senior eksekutif di starbuck,  Howard Behar telah berkontribusi membangun budaya Starbuck,  yang menekankan pentingnya manusia diatas keuntungan.  Dia mengungkapkan sepuluh prinsip dalam menjalan perusahaan dan membantu Starbuck menjadi merek terkenal diseluruh dunia.
Berikut sepuluh prinsip itu:
1.       Mengenal siapa dirimu: Pakai satu Topi Saja
Kesuksesan sangat berhubungan dengan kejelasan dan kejujuran dalam mengenal dan mengakui siapa diri kami, kemana tujuan kami, dan bagaimana cara kami mencapainya. Saat sebuah organisasi menyadari sebuah nilai, maksud, dan sasaran yang dimiliki, organisasi tersebut akan menemui energy dn semangat untuk melakukan hal-hal yang hebat.

2.       Mengetahui Mengapa Anda Disini: lakukan karena ini benar, bukan karena ini cocok untuk CV anda
Jalur menuju kesuksesan berasal dari melakukan berbagai hal untuk alas an yang benar. Anda tidak bisa meraih kesuksesan bila tidak tahu apa yang sedang anda coba untuk raih dan semua orang tidak menyelaraskan diri dengan sasaran itu. Carilah tujuan dan semangat dalam diri anda sendiri dan orang-orang yang anda pimpin.

3.       Berpikir Secara Mandiri: Orang Yang Menyapu Lantai Sehrusnya Memilih Sapu
Orang-orang bukan “aset” mereka adalah manusia yang memiliki kemampuan  untuk meraih hasil yang melampaui akal sehat. Kita harus menyingkirkan berbagai peraturan-baik yang tertulis maupun hanya dalam bayangan-mendorong pemikiran yang mandiri kepada orang lain dan kita sendiri.

4.       Membangun Kepercayaan: Peduli, dan Bersungguh-sungguhlah
Kepedulian bukanlah tanda kelemahan tetapi tanda kekuatan dan tidak bisa dibuat-buat-dalam sebuah organisasi , dengan orang-orang yang kita layani, atau dengan komunitas setempat atau global. Tanpa adanya kepercayaan dan kepedulian kita tidak akan pernah tau apa yang mungkin bisa dicapai. Tanpa adanya kebebasan atau rasa takut, kita tidak bisa bermimpi dan tidak bisa meraih potensi diri.





5.       Dengankan Kebenaran: Dinding Berbicara
Luangkan waktu untuk mendengarkan, bahkan kepada apa yang tak terucap dan berbagai hasil yang luar biasa akan mengikutinya. Anda akan tahu apa yang pelanggan inginkan, anda akan tahu mengapa semangat hilang dari organisasi, dan anda akan mempelajari berbagai solusi terhadap masalah yang sudah menunggu untuk ditemukan.

6.       Bertanggungjawab: Hanya Kebenaran Yang Terdengar Seperti Kebenaran
Tidak ada rahasia, tidak ada kebohongan, tidak boleh berkelit dan menghindar. Ambil tanggungjawab dan katakana apa yang diungkapan, dengan rasa peduli dan rasa hormat.

7.       Ambil Tindakan: Berpikir Seperti Orang Yang Sedang Melakukan Tindakan Dan Bertindak Seperti Orang Yang Telah Berpikir
Temukan titik yang manis mengenai semangat, sasaran, dan kegigihan. “yang penting manusianya” bukanlah pikirannya yang penting tindakannya. Rasakan, lakukan, pikirkan. Temukan keseimbangannya dan  ambil tindakan atasnya.

8.       Hadapi tantangan: Kita Semua adalah Manusia
Gunakan semua prinsip untuk menuntun anda melewati masa-masa sulit. Bila tantngannya terlalu besar, bila anda merasakan jalan buntu, ambil langkah-langkah kecil. Tetapi ingat untuk mendahulukan manusia dan anda akan menemukan tuntunan yang anda butuhkan.

9.       Melatih kepemimpinan: suara yang bising dan suara yang tenang
Memimpin bisa dilakukan dengan gaya ”saya disini” yang mengganggu. Tetapi jangan lupa bahwa pemimpin juga manusia biasa. Jangan biarkan  suara bising itu menutupi kebenaran. Dengarkan suara kecil anda yang tenang. Biarkan keheningan menjadi penuntun anda.

10.   Berani bermimpi: Katakan Ya, kata palng terhebat di seluruh dunia
Berbagai impian besar berarti sasaran, harapan, kebahagiaan besar. Katakana ya, dan nikmati semua yang sedang anda kerjakan, dan bantu orang lain untuk melakukan hal yang sama.



Inspirasi: Howard Behar (mantan presiden Starbuck International)
                 IT’S NOT ABOUT THE COFFEE
                Bukan Sekedar Kopi: Prinsip-Prinsip Di Balik Sukses Starbuck
                Gramedia Jakarta: 2008

0 komentar: