Pages

Sunday, August 23, 2015

Teori Kepribadian

Menurut Sastrohadiwiryo (2003: 158) menyatakan bahwa kepribadian menunjukkan individu secara keseluruhan,  cara berpikir, merasakan, bertindak, cara bergaul dengan orang lain, cara penyesuaian diri dengan lingkungannya. Sjarkawi (2006) menyatakan kepribadian adalah  kharakteristik atau gaya  atau sifat khas dari diri seseorang yang bersumber dari pembentukan-pembentukan yang diterima dari lingkungan.
 Sjarkawi (2006) menggolongkan kepribadian dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut.
1)      Tipe Sanguin
Ciri-ciri yang dimiliki oleh seseorang dengan tipe sanguin antara lain:  memiliki banyak kekuatan, bersemangat, mempunyai gairah hidup, dapat membuat lingkungannya gembira dan senang. 
2)      Tipe flegmatik
Ciri-ciri yang dimiliki oleh seseorang dengan tipe flegmatik antara lain:  cenderung tenang, gejolak emosi tidak tampak, misal dalam kondisi sedih atau senang sehingga turun naiknya emosinya tidak terlihat secara jelas.
3)      Tipe melankolik
Ciri-ciri yang dimiliki oleh seseorang dengan tipe melankolik antara lain:  terobsesi dengan karyanya yang paling bagus atau paling sempurna, mengerti estetika keindahan hidup, perasaannya yang sangat kuat dan sangat sensitive.
4)      Tipe Korelik
Ciri-ciri yang dimiliki oleh seseorang dengan tipe korelik antara lain:  cenderung berorientasi pada pekerjaan dan tugas, mempunyai disiplin kerja yang tinggi, mampu melaksanakan tugas dengan setia dan bertanggung jawab atas tugas yang diembannya.
5)   Tipe asertif
Ciri-ciri yang dimiliki oleh seseorang dengan tipe asertif  antara lain:   mampu menyatakan pendapat, ide, gagasannya secara tegas, kritis, tetapi perasaannya halus sehingga tidak menyakiti perasaan orang lain.
Selanjutnya Sjarkawi (2006)  menegaskan definisi kepribadian dapat dikategorikan menjadi dua pengertian, yaitu sebagai berikut.
1)      Menurut pengertian sehari-hari
Kepribadian adalah istilah yang mengacu pada gambaran sosial tertentu yang diterima oleh individu dari kelompoknya atau masyarakatnya, kemudian individu tersebut bertingkahlaku berdasarkan atau sesuai dengan gambaran sosial (peran) yang diterimanya itu.
2)      Menurut psikologi
a) Kepribadian merupakan cara yang  unik dalam individu dalam mengertikan pengalaman-pengalaman hidupnya.
b) Kepribadian suatu organisasi yang dinamis dari system psikofisik individu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran individu secara khas.

c) Kepribadian merupakan suatu struktur yang terdiri dari tiga system, yakni id, ego dan super ego, sedangkan tingkah laku tidak lain merupakan hasil dari konflik dan rekonsiliasi ketiga unsur dalam system kepribadian tersebut.

0 komentar: