Pages

Saturday, August 22, 2015

Tujuan Rekrutmen Karyawan

Proses recruitment yang dimulai dari mencari pelamar  hingga pengajuan lamaran.  Recruitment memiliki tujuan mendapatkan persedian yang sebanyak-banyaknya calon yang melamar  sehingga organisasi akan mempunyai kesempatan yang besar untuk melakukan pemilihan terhadap calon pekerja yang memenuhi standar dari organisasi.
Randall S. Schuler dan Susan E. Jackson (2002)  mengungkapkan ada dua tujuan dari recruitment yaitu tujuan umum dan tujuan spesifik. Tujuan umum recruitment adalah menyediakan suatu cadangan atau persediaan calon karyawan yang memenuhi syarat bagi perusahaan. Sedangkan tujuan yang lebih spesifik antara lain:
1)        Konsistensi dengan strategi, wawasan dan nilai perusahaan.
2)        Menentukan kebutuhan perusahaan masa sekarang dan masa akan datang berkaitan dengan perubahan besar dalam perusahaan, perencanaan SDM, pekerjaan disain, dan analisis jabatan.
3)         Meningkatkan cadangan atau persediaan calon karyawan yang memenuhi syarat seefisien mungkin.
4)         Mendukung  inisiatif perusahaan dalam mengelola tenaga kerja yang beragam.
5)        Membantu meningkatkan keberhasilan proses seleksi dengan mengurangi calon karyawan yang sudah jelas tidak memenuhi syarat atau yang terlalu tinggi kualifikasinya.
6)        Membantu mengurangi kemungkinan keluarnya karyawan yang belum lama bekerja.
7)        Mengkoordinasi  upaya recruitment  dengan program seleksi dan pelatihan.
8)        Mengevaluasi  efektif tidaknya berbagai teknik dan lokasi rekruitment bagi semua jenis pelamar kerja.

9)        Memenuhi  tanggung jawab perusahaan terhadap program- program tindakan afirmatif dan pertimbangan hukum  dan sosial lain menurut komposisi tenaga kerja.     

0 komentar: