Pages

Friday, October 26, 2012

SMPIT SMART CENDEKIA Adakan Trainning Jurnalistik “dengan Kata Menginspirasi Dunia”



 Media massa adalah hal yang sangat penting di dalam kehidupan kita sekarang ini. Betapa sulit rasanya jika menjalani hidup ini tanpa media surat kabar, majalah, radio, televisi, dan internet.  Orang akan menjadi “kuper” dan ketinggalan apabila  mereka tidak melahap informasi  dari media. Bisa dibayangkan ketika  tidak ada informasi dari media kita tidak akan cepat tahu kalau di negeri kita ini banyak terpimpa bencana seperti tsunami aceh (2004), erupsi merapi (2010) bencana di mentawai (2010). Pastiinya jika kita tahu itu hanya mendengar dari cerita orang saja. Barangkali bantuan kepada para korban tidak akan cepat datang, sehingga keadaan menjadi lebih buruk. Beruntung kita hidup di era informasi. Hanya dengan mengklik internet kita dapat mengetahui perkembangan peristiwa di seluruh pelosok dunia.    
Membicarakan  media massa, tentu tak dapat dilepaskan dari jurnalistik, yaitu ilmu tentang kewartawanan. Orang yang bekerja di bidang jurnalistik  disebut jurnalis atau wartawan. Meskipun kita setiap hari menikmati berita dan informasi dari media massa, namun tidak semua orang paham bagaimana cara kerja seorang jurnalis.
Oleh karena itu, SMPIT Smart Cendekia mengadakan Pelatihan Junalistik yang bertema “dengan Kata Menginspirasi Dunia” di kampus SMPIT Smart Cendekia, Karanganom, Karanganom, Klaten,Rabu (23/10). Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMPIT Smart Cendekia , Agus Sriyanto, S.Pd. I ,ini diikuti oleh seluruh siswa yang belajar disekolah tersebut.  Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Program bidang Kesiswaan yang bertujuan untuk menambah ketrampilan siswa dibidang tulis-menulis guna meningkatkan daya saing siswa di era yang akan datang.
Dalam pelatihan selama setengah sehari ini, para siswa mendapat materi tentang Pengenalan Jurnalistik Sekolah, Teknik Reportase  dan Wawancara, Mengelola Media Jurnalistik Sekolah. Materi tentang Pengenalan Jurnalistik Sekolah disampaikan oleh Hery Wijaya, S.Pd. selaku kesiswaan di SMPIT Smart Cendekia, Teknik Teknik Reportase  dan Wawancara diberikan oleh Jamilatun, S.S. seorang yang sudah berpengalaman dibidang tulis-menulis, sedangkan Mengelola Media Jurnalistik Sekolah  dibawakan oleh Yustia Ningsih Aminah, S.Si yang merupakan ahli dalam jurnalistik online.
 gambar 2. suasana pelatihan jurnalistik SMPIT Smart Cendekia

Para peserta tampak antusius dalam mengikuti pelatihan terutama pada saat sesi terjun kelapangan mempraktekkan ilmu yang didapat dapat  pada sesi materi. Pelatihan ini diakhir dengan penyampain berita dari hasil reportase dan wawancara dari narasumber  oleh perwakilan kelompok kerja.
gambar 3. siswa sedang melakukan kegiatan wawancara di salah satu TK IT di Karanganom

0 komentar: