Pages

Tuesday, October 19, 2010

MASUK SECARA KESELURUHAN

"hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara kaffah (keseluruhan). Dan jangan kalian mengikuti langkah-langkah syaithan, karena sesungguhnya syaithan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (Al-Baqarah:208)

sebuah kisah mengapa ayat tersebut diturunkan Allah kepada kita adalah pada suatu saat datanglah pemuka Yahudi menghadap Rasulullah Saw. mereka terdiri dari Abdullah bin Salam, Usaid bin Ka'ab, Sa'id bin Amru dan Qoiz bin Zaid.
tujuan mereka datang adalah untuk memeluk Islam tapi dengan syarat tertentu.
"Ya Rasulullah, hari Sabtu adalah hari yang kami hormati, maka biarkanlah kami tetap menghormatinya. Dan sesungguhnya kitab taurat adalah kitab Allah juga, maka biarkanlah kami menjalankannya dimalam hari," demikian kata mereka.

atas permintaan mereka Allah langsung memberikan jawaban dengan menurunkan ayat diatas.
Allah swt menolak permintaan para pemuka Yahudi yang ingin masuk ajaran Islam. Islam dengan syarat tetap menghormati hari sabtu dan tetap menjalankan taurat dimalam hari. jika ingin masuk Islam, masuklah secara keseluruhan; tidak mencampurkannya dengan yang lain. masuklah kedalam ajaran Islam secara keseluruhan , jangan diterima sebagian yang lain.


peringatan tersebut mengandung konsekuensi logis bagi setiap hamba Allah agar mengenal Islam dengan benar. seseorang tidak mungkin masuk kedalam Islam secara keseluruhan secara parsial.

Oleh karena itu, tuntutan bagi setiap muslim adalah mengenal Islam dari cakupan ajarannya




inspirasi:
aai 4/71-selesai

0 komentar: