Pages

Saturday, July 31, 2010

Akio Morita

Salah satu orang yang memiliki andil besar dalam berkembangnya Jepang menjadi negara maju dan menjadi salah satu Negara yang memiliki peningkatan produksi yang pesat. Perkembangan jepang tidak terlepas dari para pelaku bisnisnya.
Akio Morita adalah pendiri perusahaan raksasa Sony. Ia sangat menyukai golf, sekaligus pengagum berat music Beethoven. Yang dia sukai adalah Beethoven Symphony ke Sembilan, sampai-sampai dilapangan golf pun ia ingin selalu bermain sambil mendengarkan music kesukaannya itu. Terkadang ia harus memasang loud speaker besar dilapangan golf.
Suatu saat Morita berbicara kepada anak buahnya, “saya membutuhkan alat kecil yang dilengkapi alat pengeras suara!” katanya. Tak lama kemudian terciptalah walkman, dan Sony tercatat sebagai pencipta walkman pertama di dunia.
Walaupun sudah tua Morita, selalu terlihat muda seperti lelaki usia duapuluhan, karena semangatnya yang tak kunjung mengenal kata ‘lelah’. Ia hidup dengan kesederhanaan dan menjunjung tinggi jepang kuno yang amat mementingkan rasa keeluargaan. Tepat pukul delapan pagi, ia telah tiba dikantornya, dengan mengenakan seragam sama sepertiyang dipakai oleh para anak buahnya.
Pada tahun 1947, Akio Morita mendirikan perusahaan Sony, dengan memasarkan transistor buatan Sony yang pertama didunia, kemudian pemunculan televisi berwarna serta walkman, yang juga pertama kali dibuat didunia. Sebuah terobosan yang kala itu menggunjang dunia Barat, terutama dibidang usaha produksi barang-barang elektronik. Sony mengekspor sekitar 70% produk buatannya keseluruh dunia. “Pasar kami adalah penduduk dunia!”, kata Morita penuh semangat.
Sony pun banyak mensponsori lomba matematika dan fisika. Kebanyakan orang Jepang sangat gandrung pada perlombaan matematika dan fisika dan ini sangat dimanfaatkan Sony untuk menciptakan energi yang sinergis, dengan menjaring sebanyak-banyaknya para ‘pecandu’ matematika dan fisika bagi perkembangan usahanya.
Setelah membaca kisah Akio Morita, sang jumawa perusahaan Sony, anda tentu berpikir dan bertanya, apa sebenarnya dibalik kekuatan Akio Morita? Dibalik fisik yang memang tak muda lagi, tentu anda akan terheran-heran dengan fenomena betapa ia begitu energik dan begitu pandai melihat “peluang” disekitarnya!
Sekarang mari kita amati karakter apakah yang dapat kita ambil dari kisah sukses Akio Morita tadi! Bukanlah sikap-sikap ini yang ada di balik itu semua?
1. Kreatif
Ia menciptaka walkman
2. Teguh
Ia memliki semangat tak kenal lelah
3. Kebersamaan
Ia selalu mengenakan seragam yang sama dengan karyawan dan anak buahnya ketika ekerja.
4. Berwawasan Luas
Ia memasarkan produknya keseluruh dunia
5. Mandiri
Ia mendirikan perusahaan Sony
6. Semangat Belajar Tinggi
Banyak mengadakan perlombaan dan kejuaraan khususnya bidang matematika dan fisika.
7. Tidak Materialistis
Ia tetap hidup dengan kesederhanaan dan kekeluargaan


Inspirasi:
ESQ POWER
Ary Ginanjar Agustian

Agustian, Ary Ginanjar.2003. Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ POWER Sebuah Inner Journey Melalui Al-IKHsan. Jakarta: Arga

0 komentar: