SOAL ULANGAN IPS KELAS 8 KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA
1.
Maya adalah siswa lulusan sekolah menengah atas.
Ia tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena berasal dari
keluarga kurang mampu. Untuk membantu keuangan orang tuanya, maya berusaha
mencari pekerjaan. Sayangnya pekerjaan yang diharapkan tidak tidak ia peroleh
karena keterbatasan lapangan pekerjaan. Kondisi tersebebut membuat Maya hanya
dapat menolog orang tuanya dengan ikut menggarap kebun mereka. Walaupun kebun
tersebut sudah bisa dikelola oleh orang tua dan kedua kakaknya.
Menurut analisismu, Maya termasuk
kelompok pengangguran apa? Jelaskan.
2.
Perhatikan gambar berikut:
Sumber: inspirasi
Jawablah pertanyaan berikut ini:
a. Apa
yang dimaksud dengan fakir miskin dan anak-anak terlantar!
b. Apa
Latar belakang munculnya fakir miskin dan anak-anak terlantar!
c. Bagaimana
langkah-langkah warga ditempat tinggalmu dalam menangani masalah fakir miskin
dan anak-anak terlantar!
d. Ceritakan
pengalamanmu yang mencerminkan bantuan terhadap fakir miskin atau nak-anak
terlantar!
e. Menurut
pendapatmu, apakah pemerintah kita menaruh perhatian terhadap keberadaan fakir
miskin dan anak-anak terlantar!
3. Apa
perbedaan antara BUMN, MUMS, dan koperasi
no
|
PELAKU UTAMA KEGIATAN EKONOMI
|
||
BUMN
|
BUMS
|
KOPERASI
|
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
4. Jelaskan
sistem ekonomi yang dipakai oleh Indonesia!
5. Penerimaan
negara dan daerah antara lain diperoleh dari sektor pajak. Berbagai pungutan
pajak yang telah terkumpul digunakan untuk membiayayai pembangunan dan
kegiatan-kegiatan negara. Rakyat pu diharapkan dapat menikamati bermacam
fasilitas yang berasal dari sekotr pajak. Akan tetapi,cukup banyak oknum yang
menyelewengkan pajak hingga mrugikan negara dan rakyat.
a.
Pernahkah kamu mendengar atau membaca berita
tentang orang atau pihak-pihak yang menyelewengkan pajak? Coba ceritakan secara
rigkas berita tersebut!
b.
Bagaimana sebaiknya tindakan pemerintah terhadap
pelaku penyimpangan pajak!
c.
Bagaimana cara-cara mengurangi tindakan
penyelewengan pada sektor pajak!
6. a.
Bagaimana bunyi hukum permintaan dan penawaran!
b. Bagaimana
proses terjadinya harga keseimbangan (harga pasar)!
c. perhatikan
tabel berikut!
kondisi
|
HARGA (P)
|
Jumlah Permintaan
(Qd)
|
Jumlah Penawaran
(Qs)
|
A
|
Rp 7.500, 00
|
30 Kg
|
75 kg
|
B
|
Rp 7.000, 00
|
40 Kg
|
60 kg
|
C
|
Rp 6.500, 00
|
50 Kg
|
50 kg
|
D
|
Rp 6.000, 00
|
60 Kg
|
40 kg
|
E
|
Rp. 5.000, 00
|
75 Kg
|
30 kg
|
Dari data diatas
gambarlah kurva permintaan, kurva penawaran dan kurva Harga keseimbangan.
SOAL BISA DIDOWNLOAD DISINI ATAU KLIK KEGIATAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA
Petuntuk mengerjakan:
1.
kerjakan dikertas folio bergaris
2.
beri garis tepi disisi kiri 1,5 cm
3.
soal boleh ditulis ulang
4.
dikumpulkan hari jum’at tanggal 8 mei 2015
maksimal jam 07.00
5.
segala pertanyaan bisa disampaikan lewat
sms/wa 0813-9032-9132 BB:
&CABC885 FB: Wijaya Hery
0 komentar:
Post a Comment