Pages

Thursday, May 14, 2015

Menanam dengan Media Bonggol Pohon

Menanam adalah satu hal yang menyenangkan bagi para pecinta keindahan. Terkhusus untuk tanaman hias bisa dicoba menggunakan cara keatif  berupa bekas potongan pohon.

Kebanyakan dari kita dalam menanam tanaman hias biasanya hanya menggunakan pot diisi tanah kemudian dirawat.  Kali ini saya akan menyampaikan cara unik dalam menaman. Cara unik ini ditujukan untuk memberi kesan keindahan yang berbeda dari apa yang terlihat tidak berguna.
Cara unik tersebut adalah menanam dengan menggunakan bonggol sisa potongan pohon.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:
1. Sisa potongan pohon
2. Gerjaji
3. Bor
4. Sabit
5. Tanaman Hias
6. Media tanam, seperti tanah, andam, daun bambu

Berikut caranya gan:
1. Cari sisa potongan pohon disekitar rumah milik anda.
Ketika anda mempunyai pohon besar yang mau dipotong jangan keburu dihancurkan ya gan. Karena ditangan orang kreatif itu akan menjadi keindahan. Ketika sudah menemukan bekas potongan pohon bagian bonggol, bersihkan bonggol tersebut dari sisa-sisa potongan yang belum rapi.

2. Buat lubang tanam
Setelah bonggol pohon rapi dan bersih dari sisa-sisa,langkah  berikutnya adalah memberi lubang tanam pada bonggol pohon yang sudah siap. Alat untuk melubangi bisa menggunakan bor atau benda tajam lainnya sepeti sabit, tatah dsb. Lubang tanam ini bisa dibuat sesuka agan. Semakin kreatif, semakin menarik.

3. Siapkan media tanam
Setelah bonggol pohon sudah diberi lubang tanam, tahap selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Media tanam bisa menggunakan tanah atau media lain. Kalau disini media tanam yang digunakan adalah campuran tanah, kulit padi dan pupuk organik. Bisa  diganti juga dengan media tanam dan asupan gizi untuk pohon lainnya. Masukan media tanam tersebut kedalam lubang tanam separuh lubang terlebih dahulu.
4.  Masukan tanaman hias yang akan ditanam.
Masukan tanaman hias sahabat, kedalam lubang yang sudah terisi media tanam tadi. Timbun perlahan lubang-lubang yang masih tersisa sehingga tanaman hias agan mampu berdiri.
5. Siram dan rawatlah tanaman
Agar tanaman lekas menyesuaikan dengan media baru, tumbuh dengan baik dan segera mengindahkan lingkungan sahabat maka  siram dan rawatlah tanaman tersebut.


Demikian tips menanam dengan bonggol pohon. Semoga bermanfaat. Salam Inspirasi


inspirasi: FB Sahabat Berkebun  Michelle Tesalonika 1

0 komentar: