Pages

Tuesday, August 10, 2010

5 HAL PENTING TENTANG TANGGUNG JAWAB

Bertanggung jawab berarti bisa dia diandalkan dan amanah. Ada pepatah yang menyatakan “lempar batu sembunyi tangan” maksudnya adalah orang melakukan kesalahan tetapi tidak mau mengakui atau mencari kambing hitam. Orang yang seperti ini adalah pengecut sejati. Oleh karena itu, kamu perlu memupuk rasa sejak dini. Tanggung jawab akan terus berkembang terus menerus. Setiap peran yang kamu mainkan (pelajar, mahasiswa, pekerja, presiden dsb) ada tanggung jawab disana.
Bagaimana cara melatih tanggung jawab itu?
1. Patuh
Patuhi segala peraturan yang diterapkan dirumah, sekolah, kampus dsb. Dimana kamu berpijak pasti ada peraturan (baik tertulis atau tidak tertulis) disana. Patuhilah segala sesuatunya sehingga semuanya dapat berjalan lancar.
2. Kerjakan
Kerjakan setiap tugas atau amanah yang diberikan kepada kita dengan baik dan benar. Dengan begitu kamu sudah bertanggung jawab atas dirimu sendiri.
3. Peduli
Tunjukan kepedulian kepada siapa pun yang sedang kesusahan atau membutuhkan bantuanmu.
4. Amanah
Embanlah setiap posisi atau jabatan yang ditumpukan padamu dengan baik. Tidak ada bedanya antara ketua MPR, ketua kelas, dan ketua-ketua lainnya, semuanya menyandang gelar tertinggi pada wadahnya yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Karena pertanggung jawabannya bukan hanya pada atasanmu tapi juga kepada Allah, Tunjukkan tanggung jawabmu dengan dengan menjalankan amanah dengan baik dan jujur.
5. Jangan Lari dari Tanggung Jawab
Maksudnya adalah jangan menghindari tugas yang diberikan. Jangan pikirkan dulu kelelahannya, pujian, bayaran dsb. Kerjakanlah dengan sebaik-baiknya, maka pada akhirnya orang pasti akan mengakui kineramu dan tidak ragu menyerahkan tanggung jawab lain yang lebih berat. Disinilah kehormatan buatmu. Kalau pun kamu salah mengambil keputusan atau menbuat kesalahan, maka jangan lari dari tanggung jawabmu. Hadapi konsekuensi dari kesalahan itu, terima sanksi yan diberikan dengan lapang dada, karena ini menunjukkan kamu berjiwa ksatria, dan percayalah pengalaman ini membuat kamu semakin bijaksana dan dewasa. Jangan sesali tapi ambil pelajaran sehingga menjadi inspirasi kita untuk berbuat lebih baik lagi.



Inspirasi: Pendidikan Anti Korupsi kls 1 slta/ ma , KPK

0 komentar: