Pages

Saturday, May 31, 2014

Peran Ulama dalam Menentukan Pondasi Negara

Peran Ulama dalam Menentukan Pondasi Negara


Derap perjuangan bangsa, tak terlepas dari para ulama. Dalam perjalanan Indonesia menjadi suatu negara yang merdeka, gelora-gelora perjuangan mereka senantiasa menghiasi catatan sejarah bangsa.

Mulai perang melawan kolonialisme bangsa barat sampai bangsa timur, sebelum hingga paska merdeka, dari dahulu sampai sekarang mereka terus berkontribusi.
Kontribusi paling nyata, mereka buktikan lewat fisik maupun pemikiran.

Saat menggagas suatu bangsa, para ulama meletakan pondasi dasar bagi Indonesia yang merdeka. Tercatat dalam pembukaan konstitusi kita tertulis lima sila yang dijadikan dasar bagi negara.
Dalam isinya pun, pembukaan UUD 1945 tidak bertentangan dengan agama. Hal ini menunjukkan pembukaan UUD 1945 (konstitusi) bersifat agamis (religius).
Karena sifat agamis inilah pembukaan UUD 1945 menjadi suatu filosofi, cita-cita dasar bangsa Indonesia menjadi suatu bangsa yang penuh dengan nuansa keagamaan, bukan nuansa sekuleristik.
Jadi, jangan menafsirkan bahwa negara ini dibentuk untuk menjadi sekuler.
Karena dasar pemikiran kita adalah apa yang menjadi dasar hukum negara kita yaitu UUD 1945. Ketika kita tetap berpikir seperti itu, maka tindakan kita termasuk ahistoris dan tidak berpijak pada realita sosial masyarakat.

Inspirasi:
K.H Achmad Siddiq dalam buku Api Sejarah.

0 komentar: